PENGARUH VALUASI EKONOMI OBJEK WISATA ALAM KAPALO BANDA KABUPATEN LIMAPULUH KOTA TERHADAP JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BIAYA PERJALANAN (TRAVEL COST METHOD)

  • Weriantoni Weriantoni

Abstract

Objek Wisata Kapalo Banda mempunyai potensi wisata yang besar untuk dikembangkan dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Walaupun sudah memiliki potensi wisata namun belum diketahui seberapa besar nilai ekonomis (Valuasi ekonomi) Kapalo Banda tersebut. Dengan menggunakan metode Travel Cost Method dengan pendekatan Zonal Travel Cost Method kita bisa mengestimasi potensi ekonomi dari objek wisata Kapalo Banda. Dimana kita akan melihat kesediaan seseorang untuk membayar terhadap suatu komoditi yang diperdagangkan dengan harapan seseorang tersebut akan mendapatkan utility maksimum. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa berdasarkan hasil analisis biaya perjalanan, total nilai manfaat Objek Wisata Kapalo Banda dengan tambahan tarif karcis masuk sama dengan nol sebesar Rp 74.411.000.920. Sedangkan total nilai manfaat objek wisata Kapalo Banda atau total nilai ssurplus konsumen per tahun pada tarif karcis masuk yang berlaku adalah sebesar Rp 5.000,- menjadi sebesar Rp 72.782.723.470,-. Besaran nilai rata-rata kesediaan untuk membayar maksimun (WTP) per pengunjung terhadap kegiatan penambahan fasilitas dan pengelolaan Objek Wisata Kapalo Banda adalah sebesar Rp 40.215,-.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPS Kabupaten Limapuluh Kota. 2019. Kabupaten Limapuluh Kota dalam Angka 2019. Limapuluh Kota: BPS.

Adrianto, Mochamad. 2010. Aplikasi Travel Cost Method Pada Benda Cagar Budaya: Studi Kasus Musium Sangiran.Surakarta: Skripsi Universitas Sebelas maret. Tidak dipubliksikan.

Fauzi, Akhmad. 2004. Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Yuwana, M, Marjuka. 2007. “Valuasi Ekonomi Dengan Travel Cost Method Pada Obyek Ekowisata Pulau-Pulau Kecil ( Kasus Kawasan Kepulauan Seribu)”, Vol. 11, No. 2, 2007.

Subardin, M dan Komri, M, Yusuf. 2011. “Valuasi Ekonomi Menggunakan Metode Travel Cost Pada Taman Wisata Alam Punti Kayu Palembang”, Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol. 9, No. 2, 2011.
Published
2020-11-05
How to Cite
WERIANTONI, Weriantoni. PENGARUH VALUASI EKONOMI OBJEK WISATA ALAM KAPALO BANDA KABUPATEN LIMAPULUH KOTA TERHADAP JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BIAYA PERJALANAN (TRAVEL COST METHOD). Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, [S.l.], v. 5, n. 4, p. 215-226, nov. 2020. ISSN 2620-9861. Available at: <http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/1327>. Date accessed: 21 july 2024.
Section
Articles